Peran LinkedIn Dalam Meniti Karir Bagi Para Fresh Graduate

Peran LinkedIn
Peran LinkedIn Dalam Meniti Karir Bagi Para Fresh Graduate

Peran LinkedIn Dalam Meniti Karir Bagi Para Fresh Graduate Pada Era Saat Ini Yang Sangat Penting Untuk Di Perhatikan Dalam Mencari Pekerjaan. Karir merupakan salah satu hal yang banyak di incar oleh semua orang. Pastinya karir yang cemerlang menjadi idaman bagi semua orang terutama para fresh graduate.

Fresh graduate atau lulusan baru merupakan salah satu orang yang sedang memulai meniti karirnya. Tentunya seorang fresh graduate belum banyak memiliki pengalaman bekerja sehingga akan sedikit susah dalam mencari sebuah pekerjaan. Dimana salah satu syarat dalam bekerja adalah memiliki pengalaman minimal 1 hingga 3 tahun pengalaman. Maka dari itu, tentunya hal ini menjadi dilema bagi para lulusan baru.

Bekerja menjadi sebuah kebutuhan hidup manusia. Dengan bekerja kita akan dapat memenuhi semua kebutuhan hidup. Apalagi para fresh graduate yang baru saja menyelesaikan pendidikannya pastinya sangat membutuhkan pekerjaan untuk menyambung hidupnya.

Sulitnya mencari pekerjaan saat ini sangat dapat di rasakan oleh semua orang terutama para fresh graduate. Yang mana banyak sekali syarat dan ketentuan dalam melamar sebuah pekerjaan. Tak jarang di temui beberapa lowongan pekerjaan yang memberikan syarat yang kurang masuk akal dengan berbagai Batasan yang ada. Hal ini ramai menjadi perbincangan para job seeker.

Sebagai fresh graduate tentunya kamu nggak mau masalah ini terjadi pada diri mu. Untuk itu simak terus artikel ini agar nggak ketinggalan informasi ya. Banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan untuk meniti karir mu saat ini salah satunya dengan memanfaatkan Peran LinkedIn.

Pastinya kamu sudah nggak asing lagi dengan platform satu ini. LinkedIn merupakan salah satu platform yang sangat popular di kalangan para jobseeker. Linkedin menajdi platform bagi pencari dan perekrut pekerjaan. Tentunya platform ini sangat bermanfaat bagi kamu para job seeker terutama fresh graduate. Simak terus artikel ini karena akan membahas Peran LinkedIn dalam meniti karir bagi fresh graduate.

Apa Itu LinkedIn?

Apa Itu LinkedIn? Pastinya beberapa dari kamu masih belum paham apa itu Linkedin. Untuk kamu yang penasaran simak baik-baik penjalasan di bawah ini ya.

LinkedIn merupakan salah satu platform media sosial yang bergerakan dalam bidang pekerjaan. Di dalam linkedin, kamu bisa menjadi sebuah rekruter ataupun job seeker. Terdapat banyak sekali perusahaan yang menggunakan linkedin dalam menyebarluaskan profil perusahaan. Tak hanya itu saja, platform ini juga di manfaatkan untuk aktif mencari dan merekrut kandidat calon karyawan yang di butuhkan oleh perusahaan.

Sebagai fresh graduate, kamu bisa bergabung dengan LinkedIn sebagai job seeker atau pencari kerja. Yang mana kamu bisa dengan mudah menemukan banyak sekali jenis pekerjaan yang bisa kamu sesuaikan dengan minat dan jurusan yang kamu miliki. Dengan adanya platform ini dapat memberikan kemudahan dalam mencari pekerjaan.

Di dalam platform ini, kamu bisa menjelaskan potensi diri yang kamu miliki agar perusahaan tertarik dengan skill yang kamu miliki. Kamu bisa memasukkan berbagai pengalaman yang kamu miliki. Mulai dari pengalaman lomba, oragnisasi, sertfikasi hingga pengalaman kerja yang kamu miliki. LinkedIn menjadi platform yang banyak di gunakan oleh para perusahaan untuk merekrut karyawan perusahaannya. Bahkan banyak di temukan para HRD perusahaan yang memiliki akun LinkedIn untuk mencari berbagai kandidat karyawan yang di butuhkan oleh perusahaan.

Dengan adanya aplikasi LinkedIn ini tentunya kamu akan menjadi lebih mudah dalam menemukan lowongan pekerjaan yang kamu inginkan. Terdapat banyak sekali jenis pekerjaan di dalam platform ini yang bisa kamu sesuaikan dengan jenis dan minat mu masing-masing.

Peran LinkedIn Bagi Para Fresh Garduate

Peran LinkedIn Bagi Para Fresh Graduate sangat menunjang untuk meniti karir yang cemerlang. Tentunya karir yang cemerlang sangat di inginkan oleh para semua orang terutama para fresh garduate. Untuk kamu yang belum memiliki LinkedIn, buruan buat akun dan lengkapi profil linkedin agar kamu satu langkah lebih depan di bandingkan teman-temanmu ya. Banyak sekali peran linkedin bagi para fresh graduate yang bisa kamu dapatkan di bawah ini.

Membangun Jaringan

Manfaat linkedin yang pertama bagi para fresh graduate adalah dapat membangun jaringan. Jaringan atau relasi merupakan salah satu hal yang penting dalam meniti karir. Dengan menggunakan linkedin kamu bisa menambah relasi dan membangun jaringan dengan bergabung di sebuah komunitas yang sesuai dengan bidangmu.

Mencari Peluang Magang

Banyak sekali perusahaan yang memberikan peluang magang melalui paltform ini. Tentunya dengan memiliki linkedin kamu akan memiliki peluang yang lebih besar dalam menemukan informasi magang perusahaan. Yang mana hal ini akan sangat baik untuk para fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja. Magang di perusahaan ternama tentu akan memberikan pengalaman yang menarik sehingga nantinya kamu akan di lirik oleh sebuah perusahaan.

Menambah Wawasan

Selain kedua manfaat di atas, linkedin juga dapat bermanfaat untuk menambah wawasan. Yang mana kamu bisa mengetahui semua hal mengenai bidang yang kamu miliki. Kamu bisa melakukan riset mengenai berbagai perusahaan dan masih banyak lagi.

Koneksi LinkedIn Hingga Ke Luar Negeri

Pastinya akan ada banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan setelah menggunakan platform ini. LinkedIn sangat cocok untuk kamu para fresh graduate yang ingin meniti karir yang cemerlang. Yang mana dengan menggunakan platform ini kamu akan mendapatkan jaringan atau relasi yang sangat penting dalam dunia kerja.

Tak hanya itu saja, faktanya Koneksi LinkedIn Hingga Ke Luar Negeri. Tentunya ini menjadi fakta yang sangat mengejutkan bagi kamu. Nyatanya banyak sekali perusahaan luar negeri yang menggunakan linkedin untuk mencari kandidat karyawan yang di butuhkan. Maka dengan begitu kamu memiliki peluang untuk bekerja di perusahaan luar negeri jika memenuhi syarat.

Bekerja di perusahaan luar negeri tentunya akan menjadi hal yang membanggakan. Yang mana kamu akan mendapatkan pengalaman baru dengan budaya kerja orang luar negeri yang sedikit berbeda dengan budaya kerja di Indonesia. Beberapa di temui pekerjaan dari perusahaan luar negeri yang sangat fleksibel. Pekerjaan tersebut bisa di lakukan dari mana saja dan kapan saja. Pastinya hal ini sangat menarik perhatian kamu yang mana pekerjaan ini bisa di lakukan secara remote melalui Indonesia. Hal menarik lainnya adalah kamu akan di gaji dengan tarif luar negeri yang pastinya lebih banyak di bandingkan dengan UMK di Indonesia.

Banyak sekali manfaat LinkedIn yang bisa kamu dapatkan. Platform media sosial yang bergerak di bidang pekerjaan ini sangat membantu dan memudahkan dalam mencari pekerjaan terutama bagi para fresh graduate. Pastinya kamu akan memiliki karir yang cemerlang setelah menggunakan LinkedIn dengan bijak. Mulai dari meningkatkanya wawasan, peluang magang, hingga relasi sampai ke luar negeri menjadi salah satu Peran LinkedIn.

Exit mobile version