Masih Banyak Yang Belum Tahu Barumun Nagari Ekowitasa Sumut

Masih Banyak Yang Belum Tahu Barumun Nagari Ekowitasa Sumut
Masih Banyak Yang Belum Tahu Barumun Nagari Ekowitasa Sumut

Masih Banyak Yang Belum Tahu Di Sumut Terdapat Ekowisata Yang Sangat Indah Yaitu Barumun Nagari Memiliki Satwa Yang Di Lindungi. Barumun Nagari Wildlife Sanctuary ( BNWS ) adalah satu kawasan alam edukasi yang terletak di Desa Batu Nanggar, Batang Onang, Kabupaten Padang Lawas Utara, Sumatera Utara. Wisata edukasi alam ini terkenal sebagai tempat perlindungan satwa gajah. Taman wisata alam ini terletak di zona kawasan Suaka Margasatwa (SM) Barumun, yakni kawasan hutan konservasi yang tidak boleh ada aktivitas apapun yang merusaknya. Di kelola dengan konsep ekowisata karena melibatkan peran serta masyarakat untuk menekan laju kawasan hutan.

Belum banyak yang mengetahui tentang adanya taman wisata alam Barumun Nagari ini. Karena kurangnya edukasi dan pemasaran yang di lakukan membuat banyak orang asing dengan nama ekowisata ini. Apalagi, tempat dari taman wisata ini terletak di kawasan hutan terlindungi. Jika tidak memiliki akses yang cukup baik, cukup sulit untuk dapat sampai ke kawasan ini. Selain gajah terdapat harimau, siamang yang masuk ke dalam daftar hewan terlindungi di kawasan hutan ini. Tempat ini layak untuk di masukkan ke dalam daftar wisata yang harus di datangi. Karena tempat wisata ini memiliki pesona alam yang sangat indah. Selain tempatnya yang luas, untuk sekali kunjungan rasanya kurang. Sebaiknya datangi tempat wisata ini lebih dari sekali agar puas melihat keindahan.

Tempat wisata alam ini dapat di jangkau dalam perjalanan 12 jam dari pusat kota Medan. Walaupun jaraknya cukup jauh namun setelah sampai kita akan di suguhkan pemandangan yang sangat takjub. Rasa capek yang kita rasakan selama perjalanan akan hilang jika sudah melihat bentangan pemandangan yang masih sangat asri. Di tengah kawasan Barumun Nagari ini terdapat danau yang sangat indah dan sangat jarang terjamah oleh manusia. Di Barumun Nagari kita akan di bawa menggunakan mobil jeep trail untuk dapat melintasi kawasan ini.

Masih Banyak Satwa Yang Di Lindungi Di Barumun Nagari

Saat menyusuri kawasan hijau dengan menggunakan jeep trail tersebut kita dapat melihat beberapa satwa yang masih tinggal di alam. Masih Banyak Satwa Yang Di Lindungi Di Barumun Nagari ini. Seperti siamang, ular, gajah, rusa dan burung bangkong. Kalau beruntung kita akan dapat melihat satwa tersebut dari dekat. Apalagi pada jam aktif hewan tersebut. Ada juga harimau yang di lindungi namun tidak di lepaskan begitu saja. Kawasan wisata ini tercatat sebagai memiliki enam satwa langka yang menjadi spesies kunci di Suaka Margasatwa yang statusnya dalam kondisi hampir punah.

Di kawasan hutan ini juga telah di bangun mountain bike trail. Dan sarana ini sudah bisa di tes. Pemandangan alam yang indah dan melihat hewan langka yang di lindungi dapat di lakukan sambil menyusuri kawasan hijau dengan sepeda. Kegiatan seperti jungle track dan rafting juga dapat di lakukan di kawasan Suaka Margasatwa Barumun Nagari ini. Jika datang di jam yang tepat guide akan memberikan pemandangan gajah saat sedang makan. Bahkan Anda dapat bermain dan berfoto langsung dengan gajah di sana.

Ikon yang tak kalah penting yang harus di lihat adalah, Danau Tasik. Danau eksotid yang sangat menawan. Kalau datang di cuaca yang baik, kita dapat melintasi danau tersebut. Danau yang tidak terlalu luas namun memiliki pemandangan yang sangat amat indah. Sensasi sejuk dapat di rasakan di sana karena cukup banyak angin di daerah danau tersebut. Dengan jeep trail kita dapat cepat sampai ke danau tasik itu. Dari atas sudah terlihat jelas keindahan dari danau itu. Denga air yang masih warna hijau, menandakan bahwasannya danau ini masih belum banyak terjamah oleh manusia. Karena masih bersih dan tidak ada limbah yang di buang ke danau tersebut. Jika datang ke Barumun Nagari wajib untuk melihat danau ini.

Ekowisata Yang Memberikan Pendidikan Tentang Wisata Alam

Barumun Nagari Wildlife Sanctuary adalah ekowisata yang menyediakan aspek konservasi, pendidikan dan peningkatan ekonomi warga lokal. Selain menikmati sensasi petualangan Barumun Nagari sebagai Ekowisata Yang Memberikan Pendidikan Tentang Wisata Alam. Dengan menggunakan jeep trail, wisatawan nantginya akan di ajak langsung menggali kearifan budaya masyarakatnya. Seperti melihat langsung proses pembuatan gula aren, menikmati sajian kuliner lokal seperti ” holat” dan menikmati kesenian tradisional seperti gondang sambilan. Maka dari itu Barumun Nagari di nobatkan sebagai tempat wisata yang menawarkan petualangan, pendidikan dan budaya dari masyarakat lokal.

Selain itu pemerintah daerah menobatkan Barumun Nagari sebagai kawasan ekowista yang merupakan penyangga suaka margasatwa percontohan konsep kesatuan pengelolaan hutan konservasi. Yang berbasih landscape yang berkolaborasi dengan berbagai pihak. Konsep dengan pemanfaatan hasil hutan non kayu ini di harapkan bisa menekan angka gangguan kawasan dan perambahan.

Kemudian, suaka margasatwa Barumun Nagari merupakan kawasan non taman nasional terluas yang terletak di Sumatera Utara. Dengan luas kawasan mencapai 40.330 hektare, ini merupakan kawasan yang sangat luas. Namun, dengan kawasan yang luas ini taman wisata ini tak lepas dari perambahan ilegal yang di lakukan oleh oknum penggarap. Dari total luas tersebut, sebangay kurang lebih 1.000 hektare sudah di alihfungsikan menjadi perkebunan, tempat tinggal dan sebagainya. Dengan adanya taman wisata ini juga dapat membantu warga lokal dari angka kemiskinan. Karena adanya wisatawan yang datang dapat menjadi peluang warga agar mendapatkan keuntungan. Jika kawasan ekowisata ini di jaga terus menerus dan terus di lestarikan di harapkan dapat mempertahankan suaka margasatwa Barumun Nagari ini. Maka dari itu, marilah ajak saudara, teman dan siapa saja untuk mengunjungi tempat wisata satu ini. Selain mendapatkan pemandangan yang indah, pasti akan dapat ilmu tentang suaka margasatwa.

Pesona Barumun Nagari Wildlife Sanctuary

Sudah di jelaskan sebelumnya mengenasi Suaka Margasatwa Barumun Nagari Wildlife Sanctuary. Bagaimana keindahan dan apa yang di sajikan dari taman wisata ini. Anda harus merasakan Pesona Barumun Nagari Wildlife Sanctuary ini dengan puas.  Edukasi yang di sajikan juga membuat menambah ilmu. Hewan langka yang di jaga di kawasan ini juga sangat di lestarikan. Karena hewan di takutkan hewan langka tersebut akan punah. Pemilik dari tempat wisata ini mengharapkan pengunjung akan puas dari sajian yang di berikan oleh tempat wisata ini.

Sebelumnya tempat wisata ini hanya memiliki 6 gajah saja. Namun dengan perawatan yang baik, sekarang sudah memiliki 15 gajah. Karena gajah sumatera sudah berda di angka kepunahan. Dulunya tempat wisata ini hanya perkebunan sawit yang sangat luas, namun pemilik ingin memberikan sensai yang berbeda dan di bangunlah suaka margasatwa ini. Maka dari itu sebagai warga Indonesia yang baik kita harus melestarikannya agar satwa yang di dalam Masih Banyak.

Exit mobile version