Benarkah Biaya Hidup Di Jakarta Raup Hingga 12 Juta Per Bulan?

Benarkah
Benarkah
Benarkah Biaya Hidup Di Jakarta Raup Hingga 12 Juta Per Bulan?

Benarkah Biaya Hidup Di Jakarta Raup Hingga 12 Juta Per Bulan? Simak Rincian Biaya Hidup Yang Sangat Tinggi Untuk Tinggal Di Jakarta. Jakarta kini sudah tidak lagi menjadi Ibu Kota Negara Indonesia. Jakarta menjadi kota metropolitan yang banyak di jadikan sebagai tempat merantau. Di bandingkan dengan daerah lainnya, Jakarta memiliki perkembangan yang lebih pesat sehingga banyak kemajua-kemajuan yang ada. Misalnya saja dalam bidang pekerjaan, lapangan pekerjaan lebih banyak di Kota tersebut di bandingkan dengan daerah-daerah lain yang ada terutama di kota-kota kecil.

Menjadi kota besar membuat Jakarta terkenal sebagai kota metropolitan. Dimana kota ini menjadi Ibu Kota yang pada akhirnya menjadi pusat kegiatan . Meskipun sudah tak lagi sebagai ibu kota negara, Jakarta akan tetap menjadi kota yang hectic setiap harinya. Macet merupakan salah satu budaya yang ada di kota ini. Banyaknya penduduk yang merantau berdatangan ke Jakarta membuat kota ini penuh dengan lautan manusia.

Selain kemacetan parah yang terkenal dari kota ini, biaya hidup yang sangat tinggi juga menjadi sorotan dari Kota Jakarta. Benarkah untuk hidup nyaman di Kota Jakarta membutuhkan 12 juta per orang per bulan? Pertanyaan ini seringkali muncul dari para penduduk di luar daerah. Yang mana biaya hidup di kota besar ini bisa di bilang tidak masuk akal lantaran dapat meraup hingga 12 juta perbulan. Biaya hidup yang sangat tinggi ini sering kali menjadi sambatan bagi para penduduk Kota Jakarta.

Tentunya sebagai masyarakat yang bukan penduduk Jakarta kamu akan syok dengan nominal biaya hidup yang sangat tinggi per bulannya. Dimana semua serba mahal di sini di bandingkan dengan daerah lainnya yang ada di sekitar Jakarta. Untuk kamu yang penasaran dan ingin merantau ke Jakarta, pikir ulang dan simak rincian biaya hidup untuk tinggal di Jakarta yang mencengangkan dengan biaya 12 juta perbulan itu Benarkah.

Klasifikasi Biaya Hidup Perbulan Di Jakarta

Klasifikasi Biaya Hidup Perbulan Di Jakarta bisa kamu lihat di bawah ini. Yang mana kehidupan di Jakarta amat sangat signifikan miskin kaya. Biaya hidup yang tinggi membuat banyak penduduk kota ini harus esktra bekerja agar mendapatkan kehidupan yang layak. Untuk kamu yang penasaran simak baik-baik klasifikas biaya hidup sesuai dengan kenyamanan yang di berikan di jakarta.

Hidup nyaman tentu banyak di idamkan oleh semua orang. Untuk memiliki kehidupan yang nyaman di Jakarta maka kamu harus menyiapkan biaya hidup sebesar 12 juta per bulannya. Yang mana 12 juta ini bisa kamu alokasikan untuk kos atau apartemen seharga 4-5 juta perbulannya. Tentunya fasilitas tempat tinggal dengan harga tersebut sudah termasuk ke dalam kategori nyaman untuk di tinggali di Jakarta. Memiliki sisa uang 8 juta, alokasi uang untuk biaya makan adalah sebesar 5 juta per bulannya. Harga makanan di Jakarta yang cukup mahal membuat kamu harus mengeluarkan uang lebih untuk menikmati makan dengan nyaman. Masih sisa 2 juta, uang ini cukup dapat kamu alokasikan untuk biaya akomodasi dan kebutuhan lainnya.

Berbeda dengan gaya hidup nyaman, dengan menerapkan gaya hidup menengah kamu bisa menghabiskan setengah dari biaya hidup nyaman di Jakarta. Biaya hidup dengan gaya hidup menengah di Jakarta akan mengeluarkan pengeluran sebesar 6 juta rupiah per bulannya. Kamu bisa memilih kos dengan harga 2 juta perbulannya. Biaya makan sebesar 3 hingga 4 juta perbulan dan sisa 1 juta untuk biaya lainnya. Gaya hidup ini menjadi gaya hidup ideal yang banyak di lakukan oleh para penduduk Jakarta dengan kemampuan ekonomi yang di milikinya.

Benarkah Bisa Hidup Dengan UMK Jakarta?

Setelah mengetahui rincian biaya hidup di Jakarta yang terlalu tinggi tentunya kini pertanyaan yang terlintas di kepalamu berubah. Biaya hidup yang sangat tinggi membuat banyak orang kewalahan dalam mengelola keuangan yang di milikinya. Pastinya kamu bertanya-tanya Benarkan Bisa Hidup Dengan UMK Jakarta?

Jawabannya adalah bisa. Di lansir dari internet yang menyebutkan bahwa UMK Jakarta saat ini adalah Rp 5.067.381. Tentunya nominal tersebut menjadi nomimal yang cukup besar jika di bandingkan dengan UMK daerah lainnya. Namun bagaimana jika nominal UMK tersebut di compare dengan kehidupan di Jakarta? Pastinya kamu sangat penasaran dengan bagaimana memenuhi kebutuhan biaya hidup dengan UMK Jakarta. Yang mana untuk hidup nyaman di kota ini saja membutuhkan 12 juta per orang per bulan.

Salah satu cara untuk dapat tetap hidup di Jakarta dengan gaji UMK adalah memilih gaya hidup. Seperti yang sudah di jelaskan di atas, gaya hidup sangat mempengaruhi pengeluaran yang harus di keluarkan setiap bulannya. Biaya hidup di kota ini di sesuaikan dengan gaya hidup yang kamu pilih. Untuk gaya hidup nyaman kamu harus mengeluarkan biaya 12 juta per bulan dan gaya hidup menengah sebesar 6 juta perbulan. Lantas bagaimana dengan penduduk Jakarta yang hidup dengan gaji UMK? Dimana nominal tersebut tidak relevan jika di compare dengan kehidupan di Jakarta yang serba mahal.

Cara Hidup Dengan Gaji UMK Di Jakarta

Pemilihan gaya hidup akan sangat berpengaruh terhadap kebutuhan biaya hidup yang kamu miliki. Terdapat berbagai gaya hidup yang bisa kamu pilih untuk menjalani kehidupan di kota ini. Jika biaya hidup nyaman dan menengah membutuhkan budget di atas UMK Jakarta, lantas bagaimana kehidupan penduduk jakarta yang mengandalakan gaji UMK? Benarkah gaji UMK Jakarta tidak bisa memenuhi kebutuhan?

Cara Hidup Dengan Gaji UMK Di Jakarta adalah dengan menerapkan gaya hidup hemat. Gaji UMK Jakarta yang hanya 5 juta bisa kamu maksimalkan dalam segala hal untuk memenuhi kebutuhan hidup selama satu bulan. Dengan memiliki penghasilan 5 juta di Jakarta, kamu bisa memilih tempat tinggal dengan range harga sekitar 1 juta. Kamu bisa sewa kamar kos dengan budget 1 juta. Pastinya harga kos 1 juta akan berbeda fasilitasnya dengan harga kos yang lebih di atasnya.

Alokasi 4 juta sisanya bisa kamu gunakan untuk biaya makan satu bulan yang bisa kamu sesuaikan sendiri. Untuk makan di warteg, kamu bisa menghabiskan uang sekitar 3 juta perbulannya. Maka sisa uang kamu adalah 1 juta yang bisa kamu gunakan untuk keperluan lainnya.

Gaji UMK di Jakarta masih akan cukup untuk mencukupi kebutuhan hidup per orang per bulan. Dimana kamu perlu menerapkan gaya hidup hemat agar pengeluaran yang kamu keluarkan tidak melebihi pendapatan yang kamu dapatkan perbulannya. Gaya hidup hemat ini banyak di lakukan oleh staf atau karyawan kantor-kantor di Jakarta yang memiliki gaji UMK setiap bulannya.

Jakarta menjadi kota metropolitan yang sangat keji. Biaya hidup yang sangat tinggi membuat penduduk kota ini harus bekerja sangat keras untuk memiliki kehidupan yang layak. Tentunya setelah membaca artikel ini kamu sudah tau berapa biaya hidup di Jakarta yang ramai menjadi perbincangan dimana butuh 12 juta perbulan untuk hidup nyaman di Jakarta ini Benarkah.