McLaren MP4 Ayrton Senna Kembali Di Geber Pada F1 Imola 2024

McLaren MP4 Ayrton Senna Kembali Di Geber Pada F1 Imola 2024
McLaren MP4 Ayrton Senna Kembali Di Geber Pada F1 Imola 2024
McLaren MP4 Ayrton Senna Kembali Di Geber Pada F1 Imola 2024

McLaren MP4 Merupakan Mobil F1 Tercepat Pada Masanya Yaitu Ketika Di Piloti Oleh Pembalap Berdedikasi Tinggi, Ayrton Senna. Pembalap Jerman yang telah mengumumkan pensiun dari ajang balap roda terbuka, Vettel, akan kembali ke lintasan sirkuit di Imola. Vettel di jadwalkan akan memberikan penghormatan kepada ikon F1 asal Brazil, Ayrton Senna. Yang mana ia akan mendemonstrasikan McLaren MP4 1993 milik Senna di GP Emilia Romagna di Imola. Pada balapan tersebut, kehidupan dan warisan Senna di rayakan secara massive untuk memperingati 30 tahun kecelakaan fatal yang terjadi di Imola. Kecelakaan tersebut merenggut nyawa sang juara dunia tiga kali tersebut pada tanggal 1 Mei 1994 GP San Marino. Oleh karena itu, sirkuit Imola yang menjadi tuan rumah setelah GP Miami pada musim 2024 dijadwalkan menjadi lokasi penghormatan kepada Senna. Vettel, yang merupakan juara dunia Formula 1 sebanyak empat kali serta pemilik McLaren MP4 milik Senna, akan memainkan peran penting dalam peringatan ini.

Ia sendiri telah mengumumkan rencananya untuk mendemonstrasikan mobil dengan melakukan hot lap bersama mobil legendaris tersebut. Pemilihan jadwal untuk memperingati 30 tahun kecelakaan Senna pada hari balapan di Imola dianggap sangat tepat. Selain itu, kalender balap tersebut sangat pas dan bertepatan bulan dengan kecelakaan fatal yang dialami oleh Senna. Demonstrasi tersebut dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada salah satu pahlawannya yang sangat dihormati. Dengan aksi tersebut di Imola, Vettel berharap bisa memberikan penghargaan yang layak bagi warisan besar Senna dalam dunia balap.

Tentu, sambil mengenang pengaruh besar Senna terhadap olahraga yang mereka cintai. Vettel menyatakan dalam sebuah video di platform Instagram bahwa Ayrton Senna bukan hanya seorang pembalap yang sangat ia kagumi. Serta, sebagai salah satu yang terbaik sepanjang sejarah dan sebagai seseorang yang penuh kasih.

Vettel Memiliki Koleksi Mobil Balap Bersejarah Termasuk McLaren MP4

Sebastian Vettel menyatakan bahwa sudah 30 tahun berlalu sejak kecelakaan tragis Ayrton Senna dan ia ingin memberikan penghormatan kepada pembalap legendaris tersebut. Kemudian, ia mengumumkan niatnya untuk hadir di Imola pada saat Grand Prix untuk mengendarai McLaren MP4. Yang mana mobil tersebut termasuk ikon milik Senna, pada hari Minggu 19 Mei lalu. Pembalap asal Jerman tersebut berharap bisa bertemu dengan para penggemar di sana dari berbagai generasi di sana.

Vettel terkenal dengan ketertarikannya yang sangat dalam terhadap sejarah Formula 1. Vettel Memiliki Koleksi Mobil Balap Bersejarah Termasuk McLaren MP4. Mobil milik Nigel Mansell Williams FW14B tahun 1992 juga turut di koleksi oleh Vettel. Tercatat sejak pensiun dari balapan F1 pada tahun 2022, Vettel telah beberapa kali memamerkan mobil-mobil bersejarah ini. Kecintaannya terhadap sejarah balap serta penghormatannya kepada ikon maupun legenda seperti Senna dan Mansell terlihat sangat jelas. Hal ini menunjukkan dedikasinya untuk merawat dan merayakan warisan olahraga ini terhadap masa – masa kejayaan mobil bersejarah tersebut. Dengan mengendarai McLaren MP4 Senna di Imola, Vettel berharap dapat menghidupkan kembali kenangan akan warisan besar Senna. Serta memberikan penghormatan atas kontribusi luar biasa yang telah di berikan pembalap legendaris tersebut kepada dunia balap Formula 1.

Sebastian Vettel yang juga di kenal sebagai aktivis lingkungan dan pendukung keanekaragaman hayati. Hal ini terlihat ketika ia menjalankan mobil F1 koleksinya pada Festival of Speed di Goodwood tahun lalu. Ia terlihat mengendarai McLaren MP4 menggunakan bahan bakar netral karbon dengan program Race Without a Trace. Beberapa waktu sebelumnya tepatnya di Silverstone, ia juga telah mendemonstrasikan mobil Williams.

Vettel menyatakan bahwa penting bagi mobil balap ikonik untuk tetap di nikmati olehnya baik saat ini maupun di masa depan. Namun, hal tersebut juga harus di lakukan dengan cara yang bertanggung jawab seperti penggunaan bahan bakar netral karbon. Hal ini mengingat bahwa ia merupakan seorang pembalap dengan semangat yang tinggi.

Tangan Ajaib Ayrton Senna

McLaren dengan nama MP4 merupakan mobil pertama setelah Honda berhenti menjadi pemasok mesin mereka pada akhir tahun 1992. Mobil ini menggunakan mesin Ford dengan konfigurasi mesin V8 yang kurang bertenaga di bandingkan dengan pesaingnya. Namun, dengan Tangan Ajaib Ayrton Senna, mobil ini masih mampu bertarung dengan Williams-Renault yang pada saat itu cukup dominan. Mobil tersebut merupakan mobil milik Alain Prost pada beberapa kesempatan balapan. Dengan demikian, Vettel dengan program balap berkelanjutannya berusaha menunjukkan bahwa tradisi balap dan kepedulian terhadap lingkungan dapat berjalan beriringan. Selain itu, upayanya untuk menggunakan bahan bakar netral karbon pada festival di Goodwood dengan McLaren MP4 merupakan bagian dari komitmennya.

Yang mana hal tersebut demi melakukan aktivitas balap dengan cara yang lebih bertanggung jawab terhadap lingkungan. Serta, membalap sambil menghormati sejarah dan warisan mobil balap legendaris. Kembali ke masa jaya McLaren MP4, Senna berhasil mengamankan lima kemenangan selama musim itu. Yang mana, kemenangan tersebut membawanya ke posisi dua dalam kejuaraan dunia tepat di belakang pembalap Prancis. Kemenangan legendarisnya di Grand Prix Eropa Donington yang berlangsung dalam kondisi hujan lebat. Hal ini di akui sebagai salah satu penampilannya yang paling legendaris dalam sejarah Formula 1.

Sementara itu, Vettel yang sampai saat ini belum berkompetisi sejak memutuskan pensiun dari F1 pada akhir 2022. Ia hanya tampil di Swedia pada Race of Champions 2023. Namun, baru-baru ini ia menjalani uji coba dengan Le Mans Hypercar Porsche pada bulan Maret dalam tes ketahanan di Aragon. Pada uji coba tersebut, Vettel berhasil menyelesaikan jarak balapan lebih dari dua kali dari jarak sebenarnya GP tersebut. Yang mana kala itu ia menggunakan mobil prototipe Porsche 963. Antusiasme yang ia tunjukknya tersebut menunjukkan bahwa dirinya tetap aktif dalam dunia balap meskipun telah pensiun dari kompetisi F1.

Tertarik Untuk Kembali Bersaing Di Arena Balap Mobil

Kinerja Vettel yang saat ini menginjak usia 36 tahun berhasil mengesankan Porsche Penske. Di tambah kemunculannya pada GP Imola 2024 kemarin dengan McLaren MP4 dan melakukan beberapa putaran. Semakin memperkuat keyakinan penggemar terhadap kemungkinan Vettel akan kembali ke balapan. Namun, hal tersebut belum dapat menentukan apakah ia akan turun kembali ke lintasan bersama Porsche atau tidak. Yang mana kemungkinan tersebut benar, ia akan membalap dengan tim asal Jerman tersebut pada gelaran Balapn Utama Le Mans 24 Hours dan World Endurance Championship di masa depan.

Karir gemilang yang telah ia capai selama di Formula 1 pada akhir tahun 2022 mempertahankan popularitasnya di kalangan para penggemar. Serta program kampanye balapan netral karbon dengan slogan Race Without Trace dengan mobil warisan Mclaren MP4 milik Senna. Yang mana hal ini mencerminkan antusiasme yang timbul terhadap kemungkinan kembalinya Vettel. Hal ini terlihat saat ia selesai mengikuti uji coba dengan tim Porsche. Pembalap Jerman berusia 36 tahun tersebut mengaku Tertarik Untuk Kembali Bersaing Di Arena Balap Mobil roda terbuka tersebut. Terlihat di beberapa kesempatan, Vettel telah melakukan diskusi dengan Toto Wolff. Hamilton juga turut menyatakan keyakinannya terhadap potensi kembalinya Vettel. Ia menyebutkan bahwa hal tersebut merupakan opsi yang luar biasa untuk musim 2025 Mercedes. Seluruh kemungkinan dan spekulasi tersebut mulai muncul kepermukaan publik setelah aksi dirinya di Imola kemarin yang mengendarai McLaren MP4.