Cara Meredakan Sun Burn Dan Cara Mencegahnya

Cara Meredakan Sun Burn Dan Cara Mencegahnya
Cara Meredakan Sun Burn Dan Cara Mencegahnya
Cara Meredakan Sun Burn Dan Cara Mencegahnya

Cara Meredakan Sun Burn Dan Bagaimana Cara Mencegahnya Bisa Di Lakukan Dengan Cara Yang Sangat Sederhana Dan Semua Dapat Melakukannya. Sunburn adalah kondisi di mana kulit mengalami iritasi akibat paparan cahaya berlebihan dari sinar ultraviolet. Baik dari matahari maupun dari lampu yang memiliki sinar UV. Kulit yang mengalami sunburn memiliki gejala seperti kemerahan, nyeri, dan rasa panas di kuli. Kulit yang terbakar  adalah salah satu masalah kulit yang di akibatkan terpaparnya sinar UV yang tingkat kerusakannya juga bervariasi, mulai dari ringan sampai berat. 

Seperti luka bakar, tingkat keparahan sunburn juga bervariasi, mulai ringan hingga berat. Sunburn ringan dapat di obati dengan di tangani sendiri dan bisa membaik dalam kurun waktu 7 hari. Sedangkan sunburn yang berat jarang terjadi. Tetapi tergolong kondisi serius yang sama bahayanya dengan luka bakar akibat api atau terkena zat kimia. Selain sunburn, kulit yang terpapar sinar UV secara berlebihan ini juga bisa menyebabkan pembentukan kanker kulit di tubuh. Selain sunburn dan kanker kulit, ada juga beberapa masalah kulit lainnya yang dapat terjadi jika kulit terpapar sinar UV terlalu lama. Beberapa masalah tersebut adalah seperti kulit menjadi kering, munculnya keriput pada kulit, dan munculnya bintik hitam pada kulit. 

Kondisi umum yang terjadi pada kulit yang terbakar atau sunburn adalah kulit menjadi kemerahan, dan sakit jika di sentuh. Sunburn juga bisa di artikan sebagai reaksi peradangan pada lapisan terluar kulit. Peradangan ini bisa terjadi akibat dari terpaparnya kulit secara berlebih oleh sinar UV. Yang paling sering terjadi sunburn di sebabkan karena orang yang sering berjemur. Misalnya orang yang berjemur di bawah sinar matahari di pantai. Biasanya orang berjemur untuk meningkatkan tone kulit. Menjadi kulit sawo matang, namun kebanyakan orang yang berjemur pasti akan mengalami kulit yang terbakar atau sunburn.

Cara Meredakan Sunburn Dengan Penanganan Sendiri

Setelah mengetahui apa itu sunburn, di sini akan di jelaskan Cara Meredakan Sunburn Dengan Penanganan Sendiri. Jika seseorang mengalami sunburn yang ringan biasanya masih bisa di tangani dengan sendirinya dan memakan waktu beberapa hari sampai sembuh.

  1. Kompres Air Dingin

Untuk mengatasi sunburn yang pertama caranya mengatasinya adalah dengan meletakkan kompres air dingin pada kulit yang terdampak. Cara ini di ketahui dapat membantu meredakan rasa perih dan peradangan pada kulit yang terbakar oleh sinar matahari.

  1. Mandi Dengan Air Yang Dingin

Mandi dengan air yang dingin menjadi salah satu cara mengatasi sunburn yang perlu di lakukan karena hal tersebut dapat meredakan rasa tidak nyaman pada kulit yang terbakar. Selain itu, pakailah sabun mandi yang mengandung bahan lembut dan mengandung khusus untuk kulit yang sensitif.

  1. Mengoleskan Gel Lidah Buaya

Cara mengatasi sunburn secara alami berikutnya adalah dengan mengoleskan gel lidah buaya pada kulit. Gel lidah buaya di ketahui mengandung mineral, enzim, antioksidan, vitamin C, dan vitamin E yang tinggi sehingga dapat membantu melembapkan dan mendinginkan kulit yang terbakar.

  1. Pakailah Masker Timun

Salah satu perawatan kulit yang terbakar matahari yang mudah di lakukan dan dapat di lakukan sendiri adalah dengan menggunakan masker timun. Hal ini di karenakan timun mengandung senyawa yang bersifat antioksidan sehingga mampu meredakan berbagai gejala kulit terbakar sinar matahari.

Untuk cara membuatnya adalah, haluskan satu buah timun dan oleskan pada kulit yang terbakar hingga merata. Diamkan selama beberapa menit atau 10 – 15 menit, lalu bilas kulit sampai bersih dengan air dingin. 

  1. Kompres Kulit Dengan Kantong Teh Dingin

Cara mengatasi kulit yang terbakar selanjutnya adalah dengan meletakkan kompres kantong teh dingin, lebih baik teh hijau atau teh hitam pada kulit yang terbakar. Sebab, teh hijau dan teh hitam memiliki kandungan asam tanat yang mampu membantu meredakan sensasi panas dan perih pada kulit yang terbakar. 

6. Oleskan Madu Pada Kulit

Madu merupakan salah satu bahan alami yang dapat di gunakan untuk membantu meredakan gejala sunburn pada kulit. Hal ini di sebabkan madu mengandung gliserin yang bekerja sebagai humektan. Humektan adalah senyawa yang berfungsi untuk menarik air dari lingkungan sekitar dan mengumpulkannya di struktur kulit permukaan terluar. Senyawa hidrogen peroksida pada madu bersifat antibakteri sehingga dapat bermanfaat dalam mencegah risiko infeksi pada wajah. Oleskan Madu Pada Kulit dan diamkan beberapa menit lalu bilas dengan air dingin.

  1. Oleskan Minyak Kelapa

Di sarankan untuk kulit yang terkena sunburn untuk di oleskan minyak kelapa organik . Namun, jika memiliki tipe kulit yang berminyak dan rentan berjerawat, sebaiknya hindari menggunakan minyak kelapa organik karena dapat menyumbat pori-pori kulit sehingga berisiko menimbulkan jerawat. 

  1. Jangan Memencet Kulit yang Melepuh

Hindari menyentuh, menggaruk dan memencet kulit yang melepuh akibat sunburn karena hal tersebut justru berisiko menyebabkan infeksi yang dapat memperburuk kondisi. Selain itu, di sarankan juga untuk mengenakan pakaian yang longgar guna menghindari gesekan pada kulit yang bisa memperparah gejala sunburn.

  1. Konsultasi Dengan Dokter

Konsultasikan dengan dokter salah satu cara mengatasi kulit terbakar sinar matahari yang penting untuk di lakukan terlebih jika gejala sunburn tidak kunjung sembuh. Dengan berkonsultasi, dokter dapat memberikan tindakan medis dan meresepkan obat-obatan, seperti ibuprofen, aspirin, atau naproxen, untuk mengurangi rasa nyeri serta efek peradangan pada kulit akibat paparan sinar matahari.

Ini adalag cara yang dapat di lakukan jika Anda merasakan kulit terbakar. Penanganan pertama ini perlu di lakukan karena khawatir gejala yang timbul akan berkelanjutan. Lakukanlah tips ini dengan benar agar kulit yang terbakar cepat untuk sembuh. Hindari sinar matahari untuk beberapa saat agar proses penyembuhan cepat dan tidak berkelanjutan. Di khawatirkan dampak dari sunburn ini akan merujuk pada kanker kulit.

Gejala Kulit Terbakar Atau Sunburn

Gejala Kulit Terbakar Atau Sunburn akan menyebabkan beberapa reaksi pada kulit. Sunburn termasuk dalam luka bakar tingkat pertama. Biasanya, di perlukan waktu sekitar 20 menit atau lebih hingga muncul gejala sunburn pada kulit. Kulit terbakar bisa terjadi jika Anda terpapar sinar UV terus menerus walaupun hanya 10 menit. Gejala yang dapat timbul biasanya, kulit terasa panas dan perih saat disentuh.Kemudian kulit yang terbakar terlihat kemerahan dan melepuh. Lalu kulit akan bengkak. Dan yang terakhir kulit dapat mengelupas.

Gejala sunburn atau kulit yang terbakar biasanya muncul di area tubuh yang terbuka, termasuk daun telinga, kulit kepala, dan bibir. Jika suda di titik yang cukup parah, sunburn bisa menimbulkan gejala lain seperti sakit kepala, demam, mual, dan kelelahan. Kulit yang terbakar juga sering kali di sertai gangguan kesehatan lain seperti suhu tubuh yang meningkat dan dehidrasi. Ini adalah gejala yang timbul jika sunburn dan Cara Meredakan.